Perbedaan dan Pengertian Peta Umum dan Peta Khusus

 IPS
perbedaan dan pengertian peta umum dan peta khusus

Perbedaan dan Pengertian Peta Umum dan Peta Khusus – Peta berdasarkan isi atau informasinya dibagi menjadi dua bagian, yaitu Peta Umum dan Peta Khusus. Sebelum menuju ke perbedaan peta umum dan peta khusus, mari kita bahas persamaannya terlebih dahulu. Pada dasarnya peta umum dan peta khusus adalah tampilan visual dari suatu daerah. (baca: pengertian peta). Senjutnya, apa perbedaan dan pengertian peta umum dan peta khusus? Berikut detailnya.

Pengertian Peta Umum dan Peta Khusus

1. Peta Umum
Peta umum adalah peta yang menampilkan ketampakan muka bumi secara umum. Pada umumnya, peta umum memiliki warna dan simbol-simbol lain yang mewakili ketampakan alam sebenarnya.

2. Peta Khusus
Peta khusus adalah peta yang menampilkan satu ketampakan saja. Melalui peta khusus akan diketahui persebaran suatu ketampakan secara mendetail, misalnya adalah peta topografi. Melalui peta topografi akan diketahui perbedaan ketinggian secara mendetail. Pada peta topografi ini ketinggian tempat yang sama disimbolkan sebagai garis dengan karakter topografi medannya.

Perbedaan Peta Umum dan Peta Khusus

Dalam peta umum (peta ikhtisar), simbol-simbol digambarkan mengikuti simbol-simbol yang konvensional. Simbol-simbol dalam peta yang sudah disepakati bersama disebut simbol konvensional. Adapun simbol dalam peta khusus (peta tematik) biasanya menggunakan simbol tidak konvensional (bebas) dan tergantung dari si pembuat peta. Penggunaan simbol yang berbeda ini biasanya dalam bentuk simbol warna. Sebagai contoh warna coklat tua dalam peta umum menunjukan daerah pegunungan tinggi, sedangkan dalam peta khusus mempunyai arti lain tergantung dari tema peta tersebut.

No Responses