Pengertian Uang

 KWU
Pengertian Uang

Pengertian INFOPengertian Uang – Apa yang dimaksud dengan uang? Uang adalah sesuatu yang berharga yang berfungsi sebagai media yang berlaku secara umum untuk pertukaran finansial. Uang juga dapat dikatakan sebagai sesuatu yang sah untuk pembayaran utang dan satuan ukuran akuntansi.

Pengertian Uang

Secara sederhana, uang adalah alat tukar dalam suatu transaksi. Ini merupakan cara bagi seseorang untuk berdagang atau untuk mendapatkan suatu hal yang dia inginkan. Uang memiliki tiga karakteristik penting, yaitu:

  1. berfungsi sebagai alat tukar
  2. barang ekonomi dan
  3. cara perhitungan ekonomi

Sebelum pengembangan alat tukar, orang akan melakukan barter untuk mendapatkan barang dan jasa yang mereka butuhkan. Apa itu barter? Berikut adalah contoh sederhana dari barter. Misalnya saya memiliki sebuah modem dan saya menginginkan sepasang sepatu baru. Tanpa menggunakan uang, saya harus mencari seseorang yang memiliki sepasang sepatu baru dan kebetulan dia sedang mencari sebuah modem. Cukup jelas, hal tersebut cukup sulit untuk dilakukan.

Bank sentral suatu negara memiliki kemampuan untuk mempengaruhi tingat pasokan uang suatu negara tersebut. Jika bank tersebut ingin menambah jumlah uang yang beredar, maka bank tersebut mencetak uang baru.

Tetapi jika bank sentral mengeluarkan terlalu banyak uang, nilainya akan turun, seperti dengan hal apa pun yang memiliki pasokan yang lebih tinggi dari permintaan.

Bank sentral di negara Indonesia adalah Bank Indonesia.

Itulah sedikit ulasan mengenai pengertian uang, semoga bermanfaat. 🙂

No Responses