Pengertian Promosi

 KWU
Pengertian Promosi

Pengertian INFOPengertian Promosi – Promosi adalah salah satu elemen penting yang digunakan untuk pemasaran. Dengan demikian, promosi harus dilakukan selaras dengan pemasaran produk, harga, distribusi dan tindakan yang menargetkan prospek dan pelanggan. Ketika merencanakan suatu promosi, marketer atau pemasar dapat menggunakan satu hingga enam bentuk promosi, yaitu: penjualan personal (personal selling), iklan (advertising), publikasi (publication), promosi penjualan (sales promotion), sponsorship dan komunikasi di tempat penjualan atau di tempat konsumen yang akan membeli.

Pengertian Promosi

Promosi adalah proses menawarkan suatu produk yang dimiliki dari seorang produsen kepada konsumen dengan tujuan untuk menambah penghasilan atau kekayaan. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, ada 6 jenis promosi, yaitu:

  1. Penjualan Personal (Personal Selling)
    Penjualan personal dilakukan door to door. Door to door adalah teknik penjualan di mana penjual berjalan dari pintu satu rumah ke pintu yang lain mencoba untuk menjual suatu produk atau jasa kepada masyarakat umum.
  2. Iklan (Advertising)
    Iklan dirancang untuk membangkitkan minat masyarakat pada suatu produk. Contoh promosi jenis iklan adalah iklan-iklan yang kita lihat di TV yang mengisi sela-sela acara yang kita tonton.
  3. Publikasi (Publication)
    Publikasi dalam hal ini adalah penyebaran informasi mengenai suatu produk.
  4. Promosi Penjualan (Sales Promotion)
    Promosi penjualan adalah serangkaian kegiatan pemasaran yang dilakukan untuk meningkatkan penjualan produk atau jasa. Contohnya, ketika pameran mobil banyak SPG (Sales Promotion Girl) yang ikut memamerkan mobil.
  5. Sponsorship
    Sponsorship adalah bentuk dukungan pada suatu acara, aktivitas, orang, atau organisasi yang saling menguntungkan. Sponsor adalah individu atau kelompok yang memberikan dukungan.
  6. Komunikasi di tempat penjualan
    Penjual atau sales pada jenis promosi ini tidak agresif. Penjual hanya menjawab pertanyaan-pertanyaan yang ditanyakan konsumen.

Itulah sedikit ulasan mengenai pengertian promosi, semoga bermanfaat. 🙂

No Responses