Pengertian Peta

 IPS
Pengertian Peta

Pengertian INFOPengertian Peta – Kata “peta” berasal dari bahasa Latin yaitu “Mappa mundi”, dimana mappa berarti serbet atau kain dan mundi berarti dunia. Dengan demikian, peta menjadi istilah yang disingkat mengacu pada representasi dua dimensi dari permukaan dunia.

Pengertian Peta

Pada hakikatnya, pengertian peta adalah representasi atau tampilan visual dari suatu daerah. Berbagai informasi pada peta ditampilkan dengan simbol-simbol tertentu. Keragaman simbol dalam suatu peta menunjukan betapa kenampakan bumi beserta segala isinya juga memiliki keragaman.

Di dalam peta, bentuk-bentuk muka bumi tidak digambarkan ke dalam bentuk aslinya, tetapi ditampilkan dalam bentuk simbol. Simbol-simbol tersebut sudah dibuat secara konvensional sehingga mudah untuk dikenali karena ada keseragaman bentuk dan makna.

Berhubungan dengan pengertian peta, ada yang dinamakan dengan kartografi. Apa itu kartografi? Kartografi yaitu pembuatan peta yang artinya studi dan praktek kerajinan representasi dari Bumi pada permukaan datar. Sedangkan orang yang membuat peta disebut kartografer.

Itulah sedikit ulasan mengenai pengertian peta, semoga bermanfaat. 🙂

No Responses