Pengertian Negara

 PKn
Pengertian Negara

Pengertian INFOPengertian Negara – Istilah negara berasal dari bahasa Jerman dan Belanda yaitu “staat”, bahasa Inggris “state”, dan bahasa Perancis “etat”, serta menurut bahasa Latin “statium”. Menurut Marcus Tullis Ciciro, statum diartikan sebagai kedudukan yang berkaitan dengan kedudukan persekutuan orang. Menurut Prof. Mr. L.J. Van Apeldoom, dalam bukunya yang berjudul “Inleiding tot de Studie van Het Nederlandsche Recht” negara diartikan sebagai penguasa, yaitu untuk menyatakan bahwa orang atau orang-orang yang melakukan kekuasaan tertinggi atas persekutuan rakyat yang bertempat tinggal dalam suatu daerah.

Pengertian Negara

Berdasarkan beberapa istilah di atas, maka negara dapat diartikan sebagai organisasi tertinggi di antara satu kelompok masyarakat yang mempunyai cita-cita untuk bersatu, hidup di dalam daerah tertentu dan mempunyai pemerintah yang berdaulat.

Pengertian Negara Menurut para Ahli
Berikut ini pendapat para ahli yang memberikan pengertian negara, yaitu:

  1. George Jellinek
    Negara adalah organisasi kekuasaan dari sekelompok manusia yang telah berkediaman di wilayah tertentu.
  2. George Wilhelm Friedrich Hegel
    Negara merupakan organisasi kesusilaan yang muncul sebagai sintesis dari kemerdekaan individual dan kemerdekaan universal.
  3. Mr. Kranenburg
    Negara adalah suatu organisasi yang timbul karena kehendak dari suatu golongan atau bangsanya sendiri.
  4. Roger F. Saltau
    Negara adalah alat (agency) atau wewenang (authority) yang mengatur atau mengendalikan persoalan bersama atas nama masyarakat.
  5. Miriam Budiarjo
    Negara adalah suatu daerah teritorial yang rakyatnya diperintah oleh sejumlah pejabat dan yang berhasil menuntut dari warganya ketaatan pada perundangan melalui penguasaan kontrol dari kekuasaan yang sah.
  6. Prof. Dr. Djokosoetono
    Negara adalah suatu organisasi manusia atau kumpulan manusia yang berada di bawah suatu pemerintahan yang sama.
  7. Prof. Dr. Soenarko
    Negara adalah organisasi masyarakat yang mempunyai daerah tertentu, dimana kekuasaan negara berlaku sepenuhnya sebagai kedaulatan (souverign).

Itulah sedikit ulasan mengenai pengertian negara, semoga bermanfaat. 🙂

No Responses