Pengertian Internet

 Internet, TIK
Pengertian Internet

Istilah internet memang bukan menjadi istilah yang asing lagi di telinga kita. Bahkan setiap hari kita menggunakan jasa internet dan setiap hari pula kita tidak bisa lepas dari yang namanya internet. Dikutip dari webopedia, menurut Internet Live Stats, pada 7 Desember 2015 ada lebih dari 3.260.000.000 pengguna internet di seluruh dunia. Jumlah pengguna internet tersebut mewakili hampir 40 persen dari populasi dunia. Jumlah terbesar pengguna internet yang pertama adalah negara China, diikuti oleh Amerika Serikat dan India.

Pengertian Internet

Internet adalah jaringan komunikasi elektronik yang menghubungkan jaringan komputer dan fasilitas komputer di seluruh dunia.
Internet adalah sebuah cara menghubungkan komputer ke komputer lain di mana saja di dunia melalui media penghubung internet. Ketika dua komputer yang terhubung melalui Internet, mereka dapat mengirim dan menerima segala macam informasi seperti teks, grafik, suara, video, atau program komputer.

Sejarah Singkat Internet

Bagaimana pertama kali internet diciptakan dan sejarah kapan pertama kali internet di kenalkan di Indonesia. Pada mulanya internet adalah suatu ide penelitian dari dua orang ilmuwan yang bernama Levi C. Finch dan temannya yang bernama Robert W. Taylor. Pada saat itu mereka belum menamai penelitian mereka dengan istilah internet melainkan hanya penelitian jaringan global. Mereka berdua meneliti tentang jaringan global. Hasil penelitian mereka berhasil walaupun masih dalam bentuk yang sederhana.

Robert diangkat menjadi kepala pemrosesan suatu informasi dan bertugas untuk membuat jaringan yang saling terhubung. Pada saat itu satu masalah yang timbul adalah bagaimana radio, kabel LAN, dan telephone bisa terhubung lewat komputer. Dan salah satu solusi yang didapatkan adalah dengan teknik switching. Dengan menggunakan teknik ini radio bisa terhubung dengan komputer dan komputer juga bisa terhubung dengan telephone. Komputer di sambungkan dengan kabel LAN sehingga antara dua benda fisik dapat terhubung.

Penelitianpun dilanjutkan dan menemukan suatu sistem pengiriman informasi atau pesan lewat udara yang mereka namai dengan istilah electronic mail atau yang biasa kita sebut dengan email. Istilah email sendiri ditemukan pada tahun 1971. 5 tahun setelahnya, tepatnya pada tanggal 26 Maret 1976, ratu Inggris pertama kali menggunakan jasa email untuk mengirim pesan kerajaan. Setelah itu pengguna email semakin bertambah. Pada tahun 1982 istilah internet dikenalkan kepada masyarakat barat.

Internet merupakan kepanjangan dari inter-networking yang artinya antar jaringan. Selang 8 tahun internet masuk ke Indonesia, yaitu pada tahun 1990-an namun belum dengan nama internet melainkan dengan nama paguyuban network. Pada saat itu pendaftaran protocol internet (IP) yang pertama kali di Indonesia yaitu UI_NETLAH (192.41.206 /24) yang didaftarkan oleh kampus Universitas Indonesia. Pada bulan November 1990an internet mulai disiarkan lewat radio dan beberapa media cetak seperti kompas. Pada tahun 1994 istilah paguyuban network berubah nama menjadi Indonet. Pada saat itu bisnis internet masih sepi karena pemakai jasa internet masih sangat sedikit. Informasi yang disalurkan belum sepenuhnya merata sehingga masih banyak penduduk yang belum mengerti tentang internet.

Pada tahun 1995 internet protocolnya sudah beralih ke HTTP. Pada tahun 2000-an internet sudah semakin dikenal masyarakat, sehingga bisnis warung internet (warnet) sangat ramai pada saat itu. Pada tahun itu juga muncul jejaring social facebook. Jearing ini langsung laku keras dan banyak digunakan oleh semua orang di dunia. Internet protocol yang digunakan berubah menjadi WWW atau singkatan dari World Wide Web dengan kemampuan lebih cepat dan luas.

Internet tidak hanya terhubung lewat PC atau komputer saja, tetapi bisa juga terhubung lewat handphone dengan menggunakan GPRS atau General Pocket Radio Service. Dengan sistem GPRS yang dapat mengakses internet lewat handphone maka mucullah banyak merk handphone yang mengeluarkan produk handphone baru dengan berfasilitaskan GPRS. Hingga sekarang ini handphone dengan berbagai merk yang termasuk kategori android, blackberry, serta apple meramaikan pasar handphone. Untuk social media bukan saja facebook yang berkembang tetapi sudah banyak bermuculan social media baru yang masing masing memberikan fasilitas fitur yang diberikan kepada pemakainya. Karena internet sudah menjadi budaya baru di Indonesia sekarang ini maka banyak di jual handphone dan notebook yang harganya sangat terjangkau. Tetapi sayangnya operator Indonesia tidak kompetitif dalam melakukan bisnis ini. Ada beberapa operator di Indonesia yang mengharuskan pemakai jasa internetnya membayar dalam jumlah besar agar dapat mengakses jaringan interntet yang lancar.

Selama ini kita mengira bahwa kecepatan internet yang kita punya asalkan signal yang di tunjukkan adalah 3G atau HSDPA sudah dinilai sangat cepat. Tapi tahukah kamu bahwa rata-rata kecepatan internet Indonesia hanya 4.1%, kita tertinggal dari Malaysia yang rata–rata kecepatan internetnya mencapai 5.5%. Negara dengan kecepatan internet tercepat adalah Korea Selatan dengan mencapai angka rata-rata 50%. Korea Selatan juga sudah menerapkan sistem broadband atau jangkauan luas yang artinya kecepatan transfer internet di Korea Selatan sangat tinggi dengan luas jangkauan yang lebar. Dan hal ini dapat dinikmati dengan gratis oleh semua penduduk Korea.

Diawal tahun 2010 Telkom Indonesia menyediakan jasa hotspot gratis bagi para penggunanya. Tetapi kecepatan internet yang diberikan juga masih kurang. Telkom melakukan perbaikan kecepatan internet dengan memunculkan produk baru berupa wifi.id. Kecepatan wifi.id memang sangat cepat tetapi untuk memanfaatkannya kita harus membelinya atau mendaftar paket tertentu. Berbagai macam tarif yang ditawarkan oleh operator maupun Telkom tetap mendapat respon baik oleh masyarakat Indonesia karena bagi setiap orang terutama yang mempunyai handphone tipe andrioid, blackberry atau apple. Internet adalah kebutuhan pokok bagi mereka. Hal ini yang membuat peran internet begitu mendalam dan menyebar. Didalam internet menyediakan beberapa informasi yang akan membuat dunia kita menjadi lebih mudah.

Dengan suguhan bermacam informasi yang dapat kita akses baik informasi dalam hal kesehatan, sosial, politik, hukum, ekonomi, seni, dan bahkan informasi berita dari semua penjuru Negara dapat kita ketahui melalui internet. Belum lagi dengan bemacam macam social media yang ditawarkan akan membuat hidup kita lebih berwarna. Dimana kita dapat menghubungi teman, kerabat, saudara, atau keluarga kita yang jaraknya berada jauh dari kita hanya dengan satu kali sentuhan pesan kita sudah sampai kepada mereka. Kita juga bisa melakukan panggilan suara sekaligus dapat bertatap wajah dengan menggunakan fasilitas kamera depan dari handphone kita sehingga seperti kita mengobrol secara langsung. Dan itu semua dapat kita lakukan secara gratis asalkan handphone atau komputer kita terhubung dengan jaringan internet.

Fungsi atau Peranan Internet

Seperti yang kita baca sebelumnya bahwa peranan atau fungsi internet bukan hanya sebagai penyedia jasa melainkan sebagai kebutuhan bagi semua orang. Internet menjadi sesuatu yang harus ada di kehidupan sekarang ini. Perubahan era juga terjadi akibat perkembangan internet. Berbagai aplikasipun dimunculkan untuk memudahkan masyarakat dalam menjalani hidup mereka. Berbagai jasa online bermunculan dengan menawarkan beberapa kemudahan dan keunggulan dari jasa mereka. Berbelanja buah dan sayurpun bisa dilakukan dengan sistem online tanpa kita harus pergi ke supermarket.

Kemudahan-kemudahan inilah yang membuat hampir semua orang ketagihan dengan yang namanya internet. Tidak terlepas dari ibu rumah tangga, sopir ojek, guru dan siswa, serta atasan dan bawahan. Diantara kemudahan itu tentu ada sisi negatifnya, salah satunya yaitu membuat jasa pengguna internet menjadi malas dan kurang ide keatif. Mereka menjadikan internet sebagai teman mereka bahkan guru mereka. Mereka lebih sering melakukan aktivitas dengan handphone mereka, berbicara lewat tulisan atau chating dengan teman mereka yang ada di media social daripada berbicara langsung dengan teman yang ada di sebelahnya.

Internet kadang membuat kita lupa akan waktu. Peranan internet sebenarnya dilihat dari masing masing individu yang memakaninya. Sehingga terserah kita mau memanfaatkan internet seperti apa dan sejauh mana.

2 Responses