Pengertian Informasi

 IPS
Pengertian Informasi

Pengertian Informasi – Informasi merupakan hasil dari pengolahan, manipulasi dan pengorganisasian data dengan cara menambah pengetahuan dari orang yang menerimanya. Secara konseptual, informasi adalah pesan (ucapan atau ekspresi) yang disampaikan. Oleh karena itu, dalam pengertian umum, informasi adalah pengetahuan dikomunikasikan atau diterima mengenai fakta atau keadaan tertentu, atau lebih tepatnya, informasi merupakan jawaban atas pertanyaan.

Pengertian Informasi

Informasi juga dapat didefinisikan sebagai data yang akurat dan tepat waktu, data yang spesifik dan terorganisir untuk suatu tujuan, data yang disajikan dalam konteks yang memberikan makna dan relevansi, dan data yang dapat menyebabkan peningkatan dan penurunan pemahaman dalam ketidakpastian.

Informasi merupakan salah satu hal yang berharga, karena dapat mempengaruhi perilaku, keputusan, atau hasil. Sebagai contoh, jika seorang manajer diberitahu mengenai laba bersih perusahaannya itu menurun pada bulan lalu, ia dapat menggunakan informasi tersebut sebagai alasan untuk memotong pengeluaran keuangan untuk bulan depan. Sepotong informasi dianggap berharga jika setelah menerima informasi tersebut, hal-hal yang tetap tidak mengalami perubahan.

Ketika informasi dikemas atau digunakan untuk memahami atau melakukan sesuatu, itu dikenal sebagai pengetahuan.

No Responses