Pengertian Hukum

 PKn
pengertian hukum

Pengertian Hukum – Anda tentu sudah tidak asing dengan istilah hukum, namun apakah anda tahu pengertian hukum yang sebenarnya. Nah bagi anda yang mungkin masih bingung dengan pengertian yang sebenarnya maka langsung saja simak uraian detailnya berikut ini. Hukum sendiri merupakan salah satu dari beberapa norma yang ada dan digunakan dalam masyarakat. Untuk norma hukum maka jika ada yang melanggar akan mendapat hukuman yang lebih tegas. Hukum sendiri lebih dalam digunakan untuk menghasilkan berbagai keteraturan yang ada dalam masyarakat sehingga dapat menjadi pembatas untuk masyarakat dalam berkelakuan sehingga menghasilkan keteraturan tertentu. Untuk lebih lengkapnya akan diuraikan dibawah ini.

Pengertian Hukum menurut para ahli

Selain pengertian hukum seperti diatas untuk melengkapi pengetahuan anda maka sekarang akan dibahas beberapa pengertian tentang hukum menurut beberapa para ahli seperti menurut Achmad Ali bahwa hukum adalah sekumpulan norma mengenai benar dan salahnya suatu tindakan yang dibuat dan mendapat pengakuan dari pemerintah yang dibuat secara tertulis atau tidak yang berguna untuk mengikat dan menyelaraskan masyarakat dan juga terlepas dari ancaman sanksi untuk pelanggaran aturan tersebut. Menurut Drs. E.Utrecht, S.H yang mana tertuang dalam bukunya bahwa hukum merupakan sekumpulan peraturan-peraturan yang bisa berisi perintah atau larangan yang berguna untuk menertibkan kehidupan masyarakat keseluruhan yang harus ditaati oleh semua masyarakat yang jika melakukan pelanggaran akan mendapat tindakan dari pihak pemerintah.

Beberapa pengertian hukum menurut para ahli tersebut pastinya akan membuat anda semakin paham dengan makna hukum sebenarnya. Secara mudah hukum merupakan aturan yang diakui oleh masyarakat dan disetujui oleh pemerintah untuk menjadi batasan-batasan masyarakat dalam bertindak dalam hidup bermasyarakat. Dengan hukum ini kebebasan tidak akan melebihi batas sehingga terikat oleh hukum dan norma yang berkembang dalam masyarakat.

Dengan pengertian hukum tadi tentunya akan membuat anda lebih paham. Hukum sendiri akan senantiasa menjadi batasan dalam bertindak. Hukum akan memberikan pembeda antara manusia dengan hewan dalam hidup sehingga tetap dalam lingkup hidup yang beradab agar tidak semena-mena. Mengerti hukum dan menaatinya maka anda juga sudah mewujudkan hidup sejahtera bermasyarakat yang lebih baik.

No Responses