Pengertian Budaya

 IPS
Pengertian Budaya

Pengertian INFOPengertian Budaya – Budaya adalah cara hidup masyarakat, yang berarti cara suatu kelompok melakukan sesuatu. Suatu kelompok yang berbeda mungkin memiliki budaya yang berbeda juga. Beberapa contoh budaya yaitu tulisan, agama, musik, pakaian, masakan, dan apa yang mereka lakukan. Ilmu yang mempelajari tentang budaya adalah antropologi.

Saat ini, seperti yang kita ketahui di Indonesia banyak budaya-budaya barat yang masuk, hal tersebut memengaruhi kebudayaan yang ada di negara kita ini.

Pengertian Budaya

Budaya adalah karakteristik dari suatu kelompok tertentu, yang mencakup segi bahasa, agama, masakan, kebiasaan sosial, musik dan seni.
Berikut beberapa jenis budaya yang ada di dunia.

Budaya Barat
Istilah budaya Barat didefinisikan sebagai budaya negara-negara Eropa serta negara seperti Amerika Serikat yang telah sangat dipengaruhi oleh imigrasi Eropa. Budaya Barat berakar pada Periode Klasik dari era Yunani-Romawi dan kebangkitan Kristen di abad ke-14. Saat ini, pengaruh budaya Barat dapat dilihat di hampir setiap negara di dunia.

Budaya Timur
Budaya Timur umumnya mengacu pada norma-norma sosial dari negara-negara di Asia Timur (termasuk China, Jepang, Vietnam, Korea Utara dan Korea Selatan) dan subkontinen India tak luput juga negara kita yaitu Indonesia. Seperti budaya Barat, budaya Timur sangat dipengaruhi oleh keagamaan. Secara umum, dalam budaya Timur terdapat sedikit perbedaan antara masyarakat sekuler dan filsafat agama daripada budaya yang ada di Barat.

Budaya Latin
Banyak negara-negara yang berbahasa Spanyol dianggap sebagai bagian dari budaya Latin. Amerika Latin biasanya didefinisikan sebagai bagian-bagian dari Amerika Tengah, Amerika Selatan dan Meksiko di mana Spanyol atau Portugis adalah bahasa yang dominan. Sementara Spanyol dan Portugal berada di benua Eropa, mereka dianggap sebagai pengaruh utama dari apa yang dikenal sebagai budaya Latin, yang menunjukkan orang yang menggunakan bahasa berasal dari bahasa Latin, juga dikenal sebagai bahasa Romance.

Budaya Timur Tengah
Negara-negara di Timur Tengah memiliki keyakinan yang kuat dalam Islam dan agama merupakan pilar yang sangat kuat dari masyarakat ini. Bahasa Arab juga terdapat di banyak wilayah; Namun, berbagai dialek kadang-kadang dapat membuat komunikasi menjadi sulit.

Budaya Afrika
Benua Afrika memiliki dua budaya penting – Afrika Utara dan Afrika Subsahara. Benua ini terdiri dari sejumlah suku, kelompok etnis dan sosial. Salah satu fitur kunci dari budaya ini adalah sejumlah besar kelompok etnis – beberapa negara dapat memiliki 20 atau lebih – dan keragaman keyakinan mereka.

Afrika barat laut khususnya memiliki ikatan yang kuat ke Eropa dan Asia Barat Daya. Daerah ini juga memiliki pengaruh Islam yang kuat dan merupakan pemain utama di dunia Arab.

Lingkungan yang keras telah menjadi faktor besar dalam pengembangan budaya Afrika Subsahara, karena ada beberapa bahasa, masakan, seni dan gaya musik yang bermunculan di antara populasi yang berjauhan.

Kesimpulan
Jadi, pengertian budaya adalah suatu cara hidup sekelompok orang, baik itu perilaku, keyakinan, nilai, dan simbol-simbol yang mereka terima yang diteruskan oleh komunikasi dan imitasi dari satu generasi ke generasi berikutnya.

Itulah sedikit ulasan mengenai pengertian budaya, semoga bermanfaat. 🙂

No Responses