Komputer Generasi Pertama

 TIK
komputer generasi pertama

Komputer Generasi Pertama – Komputer Generasi Pertama ditandai oleh penggunaan tabung vakum. Tabung vakum ini digunakan untuk perhitungan serta penyimpanan dan kontrol. Kemudian, kaset magnetik dan drum magnetik yang diimplementasikan sebagai media penyimpanan. Komputer tabung vakum pertama, ENIAC, dikembangkan oleh militer AS untuk menghitung tabel tembakan senjata dalam Perang Dunia II. Itu sekitar 17 000 tabung vakum. Mesin berbobot 30 ton, mencakup sekitar 1000 meter lantai persegi, dan memakan 130 atau 140 kilowatt listrik. Clock speed ENIAC adalah sekitar 100 kHz. Selain balistik, aplikasi ENIAC yaitu prediksi cuaca, perhitungan atom-energi, studi kosmik-ray, pengapian termal, studi acak-nomor, terowongan angin desain, dan penggunaan ilmiah lainnya.

Komputer Generasi Pertama

Seperti yang dikatakan di atas, komputer yang pertama kali memakai tabung vakum untuk sirkuit dan drum magnetik untuk memori, dan bentuknya sangat besar, dapat mengambil seluruh ruangan kamar. Harga komputer tersebut juga sangat mahal untuk dioperasikan dan selain menggunakan banyak listrik, menghasilkan banyak panas, yang sering menyebabkan terjadinya malfungsi.

Komputer Generasi pertama mengandalkan bahasa mesin, bahasa pemrograman tingkat terendah yang dapat dipahami oleh komputer. Untuk melakukan pengoperasian, komputer ini hanya dapat menyelesaikan satu masalah di satu waktu. Perintah masukan didasarkan pada kartu punched dan pita kertas, dan output ditampilkan pada cetakan.

Komputer UNIVAC dan ENIAC adalah contoh dari perangkat komputasi generasi pertama. UNIVAC adalah komputer komersial pertama dikirim ke klien bisnis, US. Census Bureau pada tahun 1951.

2 Responses